PlayStation
Sejarah
Asal
PlayStation merupakan gagasan Ken Kutaragi
, seorang eksekutif Sony yang baru saja keluar dari divisi rekayasa
perangkat keras pada waktu itu dan kemudian akan dijuluki sebagai "Bapak
PlayStation".
Asal konsol tanggal kembali ke 1988 di mana pada mulanya merupakan proyek bersama antara Nintendo dan Sony untuk membuat CD-ROM untuk Super Nintendo .
PlayStation memulai debutnya pada Consumer Electronics Show pada bulan Juni 1991 ketika Sony mengungkapkan konsol, sebuah Super Famicom / SNES dengan drive built-in CD-ROM (yang menggabungkan teknologi Buku Hijau atau CDI).
Namun, sehari setelah pengumuman di CES, Nintendo mengumumkan bahwa
mereka akan melanggar kemitraan dengan Sony, memilih untuk pergi dengan Philips bukannya tetapi menggunakan teknologi yang sama.
Kesepakatan itu rusak oleh Nintendo setelah mereka tidak dapat mencapai
kesepakatan tentang bagaimana pendapatan akan dibagi antara dua
perusahaan.
Melanggar kemitraan marah Sony Presiden Norio Ohga , yang menjawab dengan menunjuk Kutaragi dengan tanggung jawab mengembangkan proyek PlayStation untuk menyaingi Nintendo.
Saat itu, negosiasi masih berlangsung antara Nintendo dan Sony, serta
dengan korban Nintendo Sony "non-game peran" tentang kemitraan baru
mereka dengan Philips.
Proposal ini dengan cepat ditolak oleh Kutaragi yang menghadapi kritik
meningkat dari karyanya berkaitan dengan memasuki industri permainan
video dari dalam Sony.
Negosiasi secara resmi berakhir pada Mei 1992 dan untuk memutuskan
nasib proyek PlayStation, sebuah pertemuan diselenggarakan pada bulan
Juni 1992, yang terdiri dari Sony Presiden Ohga, PlayStation Kepala
Kutaragi dan anggota senior dewan Sony.
Pada pertemuan tersebut, Kutaragi meluncurkan sistem CD-ROM berbasis
proprietary dia telah bekerja pada yang terlibat bermain video game
dengan grafis 3D untuk papan.
Akhirnya, Sony Ohga Presiden memutuskan untuk mempertahankan proyek
setelah diingatkan oleh Kutaragi dari penghinaan ia menderita Nintendo .
Namun demikian, karena oposisi yang kuat dari hadiah mayoritas dalam
rapat serta oposisi internal luas terhadap proyek dengan generasi yang
lebih tua dari eksekutif Sony, Kutaragi dan timnya harus digeser dari
kantor pusat Sony untuk Sony Music
, badan keuangan benar-benar terpisah dimiliki oleh Sony, sehingga
untuk mempertahankan proyek dan menjaga hubungan dengan Philips untuk
proyek pengembangan MMCD (yang membantu memimpin penciptaan DVD ).
Pembentukan Sony Computer Entertainment
Di Sony Music , Kutaragi bekerja sama dengan Shigeo Maruyama , CEO Sony Music, dan dengan Akira Sato untuk membentuk Sony Computer Entertainment, Inc (SCEI) pada tanggal 16 November 1993.
Sebuah blok bangunan SCEI adalah kemitraan awal dengan Sony Music yang
membantu SCEI menarik bakat kreatif kepada perusahaan serta membantu
SCEI di bidang manufaktur, pemasaran dan memproduksi cakram, sesuatu
yang Sony Music telah lakukan dengan Disc Musik. Dua terakhir anggota kunci SCEI adalah Terry Tokunaka, Presiden SCEI dari kantor pusat Sony, dan Olaf Olafsson .
Olafsson adalah CEO dan presiden dari New York Hiburan berbasis Sony
Interaktif yang merupakan perusahaan ibu untuk Komputer 1994-didirikan
Sony Entertainment of America (SCEA).
Proyek PlayStation, proyek resmi pertama SCEI ini, akhirnya mendapat
lampu hijau oleh eksekutif Sony pada 1993 setelah beberapa tahun
pembangunan. Juga pada tahun 1993, Phil Harrison , yang kemudian menjadi Presiden Sony Computer Entertainment di seluruh dunia Studios , direkrut menjadi SCEI untuk menarik pengembang dan penerbit untuk memproduksi game untuk platform baru PlayStation mereka.
Setelah demonstrasi rencana distribusi Sony serta demo teknologi konsol
baru untuk penerbit game dan pengembang di sebuah hotel di Tokyo pada tahun 1994, banyak pengembang mulai mendekati PlayStation. Dua di antaranya kemudian menjadi mitra utama adalah Electronic Arts di Barat dan Namco di Jepang.
Salah satu faktor yang menarik pengembang untuk platform adalah
penggunaan konsol 3D-mampu, CD-ROM berbasis yang jauh lebih murah dan
lebih mudah untuk memproduksi untuk dibandingkan dengan konsol
saingannya dari Sega dan Nintendo yang menggunakan sistem cartridge.
Proyek ini akhirnya mencapai toko Jepang pada bulan Oktober 1994 dan
memperoleh penjualan besar-besaran karena titik harga yang lebih rendah
dari pesaing nya, Sega Saturn . Popularitas konsol menyebar setelah rilis di seluruh dunia di Amerika Utara dan Eropa.
konsol
PlayStation
Artikel utama: PlayStation (konsol)
PlayStation asli dirilis pada bulan Desember 1994 adalah yang pertama dari seri PlayStation di mana-mana konsol dan perangkat genggam permainan. Ini sudah termasuk konsol penerus dan upgrade termasuk Yaroze Bersih (PlayStation hitam khusus dengan alat-alat dan petunjuk untuk permainan PlayStation program dan aplikasi), " PSOne "(versi yang lebih kecil dari aslinya) dan PocketStation (genggam yang meningkatkan PlayStation permainan dan juga bertindak sebagai kartu memori). Itu adalah bagian dari generasi kelima dari konsol video game bersaing melawan Sega Saturn dan Nintendo 64 . Pada 31 Maret 2005, PlayStation dan PSOne telah mengirimkan total gabungan dari 102.490.000 unit, menjadi konsol permainan video pertama untuk menjual 100 juta unit.
PSOne
Artikel utama: PSOne
Dirilis pada tanggal 7 Juli 2000 , bersamaan dengan penggantinya yang PlayStation 2 , PSOne tersebut merupakan versi, jauh lebih kecil didesain ulang dari konsol video PlayStation game asli. PSOne melanjutkan untuk menjual lebih banyak dr semua-konsol lain, termasuk penggantinya, sepanjang sisa tahun. Ini menampilkan dua perubahan utama dari pendahulunya, yang pertama
adalah perubahan kosmetik untuk konsol dan yang kedua menjadi menu rumah
itu Graphical User Interface .
PlayStation 2

Asli PlayStation 2 konsol (kiri) dan ramping PlayStation 2 konsol dengan 8 MB Memory Card dan DualShock 2 controller (kanan).
Artikel utama: PlayStation 2
Dirilis pada 2000 , 15 bulan setelah Dreamcast dan setahun sebelum pesaing lain nya, Xbox dan Nintendo GameCube , PlayStation 2 adalah bagian dari generasi keenam konsol permainan video , dan kompatibel mundur
dengan permainan PlayStation yang paling asli (sebuah asli PlayStation
(tidak PlayStation 2) kartu memori diperlukan untuk menyimpan
permainan). Seperti pendahulunya, mereka telah menerima desain ulang lebih ramping, dan juga dirilis built-in ke PSX DVR dan Sony BRAVIA KDL22PX300 HDTV. Ini adalah konsol paling sukses di dunia, telah menjual lebih dari 150 juta unit per 31 Januari, 2011.
Pada tanggal 29 November 2005, PS2 menjadi konsol game paling cepat
untuk mencapai 100 juta unit dikirim, mencapai prestasi dalam waktu 5
tahun dan 9 bulan sejak peluncuran.
Pencapaian ini terjadi lebih cepat dari pendahulunya, PlayStation, yang
memakan waktu "9 tahun dan 6 bulan sejak diluncurkan" untuk mencapai
angka yang sama.
Model Slimline
Artikel utama: PlayStation 2 Slimline
Dirilis pada 2004
, empat tahun setelah peluncuran PlayStation asli 2, PlayStation 2
Slimline adalah desain ulang utama pertama dari PlayStation 2. Dibandingkan dengan pendahulunya, Slimline lebih kecil, lebih tipis, lebih tenang dan juga termasuk built-in Ethernet port (di beberapa pasar juga memiliki terintegrasi modem ). Pada 2007 , Sony mulai pengiriman revisi dari Slimline yang lebih ringan dari Slimline asli bersama-sama dengan ringan adaptor AC . Pada 2008
, Sony merilis satu lagi revisi yang telah Slimline sebuah desain
internal dirombak memasukkan catu daya ke konsol itu sendiri seperti
PlayStation asli 2 menghasilkan berat total lebih lanjut mengurangi
konsol.
PlayStation 3
Artikel utama: PlayStation 3
Dirilis pada tanggal 11 November 2006 , PlayStation 3 adalah iterasi ketiga dan saat ini dalam seri. Ia bersaing dengan Xbox 360 dan Wii dalam generasi ketujuh konsol permainan video . Ini adalah konsol pertama dalam seri untuk memperkenalkan penggunaan kontrol gerak dalam permainan melalui penggunaan SIXAXIS Wireless Controller bersama dengan fitur lainnya, seperti Blu-ray Disc (BD) dan Full definisi tinggi resolusi kemampuan grafis.
PlayStation 3 hadir di 20 GB, 40 GB, 60 GB, 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250
GB, dan 320 GB, dengan hanya 160, dan 320 menjadi model saat ini. Seperti pendahulunya, model lebih ramping didesain ulang dari konsol telah dirilis. Menurut Sony Computer Entertainment, PlayStation 3 telah menjual 62 juta unit di seluruh dunia pada tanggal 31 Desember 2011 .
Model Redesigneda
Artikel utama: PlayStation 3 Slim
Dirilis pada 2009 , model didesain ulang dari PlayStation 3 adalah satu-satunya model dalam PlayStationproduksi.
Model didesain ulang adalah 33% lebih kecil, 36% lebih ringan, dan
mengkonsumsi 34% menjadi daya 45% lebih sedikit dibandingkan model
sebelumnya. Selain itu, dilengkapi dengan sistem pendingin didesain ulang dan lebih kecil prosesor Cell yang pindah ke 45nm proses manufaktur. Hal ini terjual lebih dari satu juta unit dalam waktu 3 minggu pertama penjualan. desain ulang ini juga memiliki dukungan untuk KTK
(lebih sering disebut dengan brandings produsen dari BraviaSync, VIERA
Link, EasyLink dan lain-lain) yang memungkinkan kontrol dari konsol
melalui HDMI dengan menggunakan remote kontrol sebagai controller. Ramping PS3 juga berjalan lebih tenang dan lebih dingin dibandingkan model sebelumnya karena 45 your nm. The PS3 Slim tidak lagi memiliki "kekuatan utama" switch (mirip dengan PlayStation 2 slim ), seperti model-model PS3 sebelumnya, yang terletak di bagian belakang konsol. secara resmi dirilis pada tanggal 1 September 2009 di North Amerika dan
Eropa dan pada tanggal 3 September 2009 di Jepang, Australia dan
Selandia Baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar